Menulis Adalah Solusi

 

  " Berbagilah hal yang anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli,bahkan anda bisa berbagi proses yang sedang anda jalankan. Jika terus menerus menekuni hal yang sama dan fokus maka itu akan menjadi brand anda "         

- Agus Sampurno -

Menulis adalah solusi bagi tipe-tipe orang yang disampaikan oleh nara Sumber ada tujuh tipekl sebagai orang yang mesti menulis. Apakah pembaca juga termasuk tipekl yang disebutkan Narsum ? Mengapa harus menulis dan menulis adalah solusi karena dengan menulis sangat banyak hikmahnya, dan Narsum menjelaskannya, yoo kita simak ajja resume ini. 






Alhamdulillah dapat memperhatikan Kulwa belajar menulis pada hari Senin, 7 September 2020 Moderator Bunda Kanjeng Sri Sugiastuti, Nara Sumber Bp.Agus Sampurno.

Kuliah  yang di diawali dengan memberikan sapaan dari Om Jay  salam islam yang lengkap assalaamu'alikum warohmatullohi wabarokatuh selamat malam guru hebat Indonesia. serta sapaan moderator yang ramah juga salam sejahtera untuk guru hebat indonesia, selanjutnya moderator mempersilahkan Narsum untuk memulai memaparkan materi, dan sapaan awal Narsum, "senang bertemu dengan para guru hebat".


Mengenal beliau di Blognya , Beliau adalah  ( – 2015) PSF SDO Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2015-2013) Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2013-2000)  Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta.(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA. 

Betapa Nara sumber yang sangat hebat. 

Beliau menyampaikan diawali dengan membahas ide dalam menulis. Menulis adalah cara anda untuk merencanakan sesuatu, ambil contoh misalnya, Sebagai muslim misalnya jika anda berketetapan ingin pergi ke Tanah Suci, maka anda bisa memulainya dengan niat tentu saja dan menuliskannya

idenya bisa apa saja. bisa perihal persiapan, ibadah yang menjadi persiapan sampai menuliskan pengalaman orang yang pernah mengalami,  dengan demikian rasa ketertarikan untuk menulis akan ada terus.

 
lalu beliau mengatakan Tulisan anda ibarat sebuah lego. tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika anda terus berusaha menggabungkannya

Menulis bagian dari sebuah rangkaian minat yang besar.oleh karena itu 

 Jika anda adalah ....................... maka anda mesti menulis dengan Bahasa lain 

Tipe -tipe orang yang harus menulis : ada 7 

 1. Seseorang yang punya hobby yang unik

Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu Anda menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat Anda temukan di kehidupan nyata.

 2. Think-for-Yourself Academic (seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu)

Seorang dengan minat jenis ini bisa bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat terspesialisasi dan seringkali menentang ide-ide baru.

Di Internet, Anda tidak memerlukan izin dari peer reviewer (otoritas keilmuwan) sebelum Anda menerbitkan pekerjaan Anda.

 3. Pengusaha Muda atau pebisnis baru

Kita sedang bergerak ke dunia Produk yang Memprioritaskan Pembeli atau audiens. Sebelum Internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang, mereka membangun audiens sebelum produk.

Lebih mudah memulai bisnis saat Anda memiliki audiens.

 4. Karyawan yang Diremehkan (jika anda adalah orang yang merasa tempat kerja anda tidak bisa menerima ide segar dan baru) 


Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, Anda dapat membuktikan diri dengan menulis online.

 5. The Deep Thinker (kaum pemikir) 


Menulis online akan mempertajam pemikiran Anda.

Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata di halaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang.

Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.

6. Orang dengan ide dan pemikiran unik (hampir mirip dengan nomor 1)


Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu orang yang berpikiran sama.Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka.Tidak ada lagi kesepian intelektual.

7. The Job Hunter (si Pencari kerja atau order) 

Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV  apa pun.

Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan - yang menarik perhatian perusahaan terbaik.

Alih-alih menghubungi perekrut, mereka akan menghubungi Anda.

Dengan menulis online, Anda dapat mendemonstrasikan kompetensi Anda dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik Anda.

Ok demikian mengenai tipekl yang harus nulis dan menulis itu solusi yang berhikmah berkah insyaaAlloh .

pada kulwa ini juga,Beliau mengajak peserta untuk  belajar mengurai satu ide bersama samamenjadi sebuah tulisan menggunakan jamboard google

https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing

dengan cara  1. menentukan satu ide pokok tulisan

 2. terus turun ke bawah tambahkan data atau informasi pendukung

 3. dengan demikian total ada 6 ide yang anda buat



gunakan post ini (gambar di bawah ini ) untuk menulis ide 


Contoh ide ide yang ditulis di aplikasi google jamboard dari para peserta belajar menulis



Mengenai ilmu menulis juga disampaikan oleh beliau , menjawab pertanyaan-pertanyaan para peserta seperti pertanyaan-pertanyaan berikut ini ...
Pertanyaan : Menulis itu sederhana..semua orang itu bisa menulis..
Tapi orang yg berbakat bisa menjadikan bukunya menjadi mahakarya dan laris ..apakah bakat itu dari lahir..atau bakat itu timbul dengan latihan.
jawaban beliau atas permasalahan itu dengan menyampaikan  File Pdf: 

Isi Pdf berikut ini

10.000 Jam yang Harus Anda Lakukan agar Skills Anda Tidak Stagnan strategimanajemen.net/2018/11/29/10000-jam-yang-harus-anda-lakukan-agar-skills-anda-tidak-stagnan/ Aturan 10.000 jam dipopulerkan oleh penulis Malcolm Gladwell dalam bukunya yang menjadi mega best seller berjudul Outliers. Konsep 10.000 jam intinya adalah Anda harus melakukan praktek selama 10 ribu jam agar bisa mencapai level mastery dan peak performance. Sejatinya penemu pertama konsep 10 ribu jam ini adalah pakar Human Performance bernama Anders Ericsson (bukan Malcolm Gladwell). Dia menjelaskan tema ini dalam bukunya yang memukau berjudul Peak : The New Science of Expertise. 1/4 Dalam buku ini, Ericsson menyebut sebuah kata kunci agar praktek 10.000 jam ini benar-benar menghasilkan kinerja dan level keahlian yang cetar membahana. Kata kunci ini adalah DELIBERATE PRACTICE. Tanpa deliberate practice, perjalanan praktek selama 10 ribu jam tak akan menghasilkan apaapa. Contohnya : banyak orang yang kerja selama puluhan tahun namun skills-nya stuck dan stagnan. Orang ini sama sekali tak pernah mencapai level mastery. 10 ribu jam itu hanya butuh 4 tahun melakukan praktek secara konstan (dengan asumsi sehari bekerja selama 7 jam). Meski demikian banyak orang yang punya pengalaman kerja lebih dari 4 tahun, namun kinerja dan skills tak banyak mengalami kemajuan. Stuck and going nowhere. Itu karena mereka tidak paham apa itu makna deliberate practice. Mereka sebenarnya punya pengalaman kerja hanya selama 1 tahun, kemudian diulang selama 4 kali. Lalu bilangnya pengalaman sudah lama, sudah 4 tahun. Atau bahkan ada yang dengan bangga bilang : saya sudah punya pengalaman kerja 10 tahun. Padahal aslinya cuma 1 tahun, lalu diulang 10 kali. Kenapa? Sebab selama bertahun-tahun kerja ini, skills-nya tidak pernah tumbuh menjadi level mastery. Jadi durasi kerja yang panjang itu sama sekali tidak menghasilkan kemajuan skills yang signifikan. Jadi sekali lagi, konsep 10 ribu jam hanya akan membawa Anda ke level MASTERY jika Anda paham dan mampu melakukan DELIBERATE PRACTICE. Pertanyaannya : apa yang dimaksud dengan deliberate practice ini? Dan bagaimana cara melakukannya agar skills Anda bisa tumbuh ke level mastery dan mampu hasilkan PEAK PERFORMANCE? Temukan jawabannya dalam video yang amazing ini. 2/4 Saya mengulas konsep 10 ribu jam dan deliberate practice dengan renyah dan ringkas dalam video ini. CLICK PLAY and ENJOY. Credit Photo by : Center for Art Performance UCLA

 

Pertanyaan : Kisah tentang guru era baru Acer award. Apa saja kriteria yang harus dipenuhi dan upaya apa saja yang Bapak lakukan untuk meraih gelar keren ? Jawaban Dimulai pada saat beliau mengalami kebosanan dalam mengajar dan menjadi guru. Beliau  sangat terkendala dengan manajemen kelas saat beliau  mengajar. Lalu beliau lakukan riset di internet mengenai masalah beliau itu kemudian beliau  tuliskan dalam blog. Masalah yang beliau  alami ditambah hasil riset beliau  yang sudah dipraktekkan menjadi ide segar bagi yang membacanya. Hal ini yang kemudian  beliau lakukan berkali kali di blog dengan judul yang berbeda beda


Pertanyaan : Bagaimana cara merangkai tulisan menjadi Buku, yg referensinya terdiri dari Beberapa sumber?Jawaban : (mencari benang merahnya agar bisa terangkai dengan baik dan mengalir) bapak mesti punya semacam ide besar yang kemudian dicarikan turunan atau detailnya. ide ---> pokok pikiran ----> judul bab ---> judul tulisan -----> detail informasi pendukung judul . Jadilah sebuah buku


Pertanyaan : 1. Apa kriteria blog supaya dikunjungi, haruskah pinter IT?2. bisakah tulisan yang sudah lama di masukkan ke blog?

Jawaban : no 1  dalam menulis blog yang terpenting adalah tulisan yang terus menerus dikembangkan dan berawal dari sebuah ide pokok yang sederhana. Misalnya ibu akan angkat mengenai 'pembelajaran jarak jauh' maka bisa saja semua tulisan ibu berkutat disana. 

Jawaban no 2; tulisan yang lama bisa saja dimasukkan di blog . Sejatinya blog milik kita sendiri dan bebas bagi kita mengisinya dengan tulisan bahkan dari edisi tulisan yang lama


Beliau pun menambahkan beberapa hal yang dibahas dari pertanyaan -pertanyaan sebagai berikut : 

1. Untuk menemukan ide, yaitu Ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan, yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Menulis mendapatkan  ide,  berdasar diri sendiri. Dimulai dari yang mudah, yang bisa, yang dialami.

 menulis banyak hal yang menarik dan bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan. Seperti yang beliau  lakukan di jamboard .

2, Trending topic sekarang ini adalah mengenai Pembelajaran Jarak Jauh. Menyikapi situasi ini ada beberapa hal yang bisa seorang bisa menulis dari beberapa perspektif, yakni:

a. Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses; ia akan menceritakan bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik diluar sana yang masih berjuang mengatasi kendala.

b.  Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.

c. Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. Ia berperan memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru.

 

3.Mengenai tulisan  Orang lebih senang mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya.jadi tulissan yang dicari untuk dibaca sesuai dengan kebutuhan dan yang akan menguntungkan . 


4. Ketika ingin sekali menulis, namun judul yang ditemukan sudah tertuang oleh orang lain, maka cara menyikapi hal ini adalah mencermati tulisan orang lain lalu lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).


5.Cara terbaik memberikan ‘roh’ pada tulisan adalah sebagai penulis, kita sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirya punya satu tema besar yang ingin disampaikan.


6. Jika ingin lebih semangat menulis karena mendapatkan tanggapan, tulislah dan berikan lah sumbang saran bagi sebuah hal yang sedang menjadi kegelisahan orang banyak.


7. Cara membangun konsistensi dalam menulis ide di blog adalah memilih topik yang dikuasai kemudian lakukan  riset kecil-kecilan di google, kemudian tampilkan tulisan anda sudah dengan solusi dari sebuah masalah, tuliskan di bagian apa anda merasa nyaman dan menguasai (tidak harus ahli atau menguasai sekali).

8. penggunaan dan penguasaan terhadap SEO menjadi sesuatu yang tidak mutlak  dikarenakan sejak tahun 2011 an google sudah sering melakukan razia di mesin pencarinya.  AKibatnya blog dengan SEO banyak yang tidak berfungsi lagi


Alhamdulillah 

Komentar

Alhamdulillah. Lunas semua resume ya, Bu?
Resumenya lengkap, semangat terus berliterasi
Pak D Susanto mengatakan…
Maksud lunas itu bagaimana Bu Endar?
Siti Nengsih, S.Ag mengatakan…
Betul lunas Bu Endar, resume nya masih kejar tayang, tampak rasa mentah alias belum matang sepertinya ☺️yang jadi santapan belum tentu harus selalu matang .trims kunjungan nya💪💪💪

Postingan populer dari blog ini

Berkah jujur

LOVE 1

Kesan chat w.a