Mengisi doa bersama jelang PSAJ




Saya sampaikan kurtum setelah membimbing pada dzikir pagi setelah anak anak dan guru guru melaksanakan sholat dhuha.

Setelah sholat dhuha dibimbing bersama sama membaca doa setelah sholat dhuha 

Kemudian Pada bimbingan dzikir pagi belum semua bacaan kebiasaan dzikir pagi saya secara pribadi amalkan belum diberikan semua nya  Mengingat waktu dan pertimbangan dengan tahapan dari yg sebagian dulu... Karena bacaan dzikir pagi semuanya bisa menggunakan waktu 30 menit dan yang untuk formula itu sedikit sedikit hanya sampai waktu 10 menit ...

Kurtum dan harapan mampu gila (gali ilmu lalu amalkan / gali ilmu lalu action yaitu tafakur tujuh menit dengan judul ikhtiar, doa dan tawakal kemudian harus dapat meng- gila . 

Diawali dalam kurtum adalah dengan membacakan ayat 11 surat ar ro'ad dan menyampaikan makna nya bahwa ayat tersebut mengandung  perintah untuk berusaha, berikhtiar dalam mencapai cita-cita  atau apa yang diinginkan. Ayat tersebut mengandung makna, Bahwa Alloh SWT tidak akan mengubah (nasib) suatu kaum sebelum kaum itu dapat mengubah diri diri mereka sendiri. 

Mengubah diri diri sendiri itu adalah dengan ikhtiar usaha perbaikan dalam belajar menghapal yang ditingkatkan, dalam kegiatan yang positif, dalam mengubah karakter ke yang lebih baik, karakter hormat patuh kepada orang tua dan juga kepada guru. 

Ikhtiar usaha seorang siswa banyak yang harus dilakoni pertama jangan lupa belajar. Belajar itu berpikir, belajar itu mengingat ngingat konsep atau ilmu ilmu pelajaran .  Meraih ridho Alloh dengan  ilmu.  2.amalkan dan action nya sesuai ilmu. 

Doa adalah permohonan keinginan yang dipanjatkan kepada Alloh agar mengabulkan keinginan dan harapan harapan kita. Dalam Al qur'an surat al mukmin ayat 60 ...qola Robbukum Ud'uni astajib lakum... Maknanya berdo'a lah kalian kepadaKu Niscaya Aku (Alloh) akan memperkenankan doamu. Jadi yakinlah harus berdoa setelah berusaha atau berikhtiar. Dengan melakukan ibadah ibadah. Bisa lakukan Doa sebelum berikhtiar  karena doa adalah senjata atau energi untuk dapat berikhtiar. Contoh doa sebelum berikhtiar adalah dengan dzikir pagi. 

Tawakal mengandung makna untuk menyerah kan hasil doa dan usaha hanya kepada Alloh SWT. Sukses dan Gagal sudah ditentukan oleh Alloh SWT  Sukses adalah hadiah dari Alloh SWT dan gagal adalah hadiah yang ditunda oleh Alloh untuk diberikan diwaktu yang tepat. Tetaplah optimistis memiliki harapan kepada Alloh SWT yang Maha Penolong 

Alloh SWT dalam firmannya surat An Nisa ayat 159 .. Menyuruh untuk bertawakal kepada Alloh SWT... Disebutkan dalam ayat tersebut innallaha yuhibbul mutawakkiliiin artinya Sesungguhnya Alloh menyukai orang orang yang bertawakal kepada Alloh SWT






Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOVE 1

Berkah jujur