Curhat 11 Rajab 1422

 Hari ini hari yang terasa sedih banget, ketika mengetahui kondisi teman guru  yang sakit begitu parah, dirawat di rumah sakit Borromeus, terus dikabarkan sudah pulang ke rumah, lalu selang beberapa hari kemudian, di kabarkan di w.a grup oleh suaminya masuk IGD rumah sakit Al Ihsan Baleendah jaman wabah covid begini, mau menengok takut yang ditengok juga takut, tapi bukan kena covid 19 kabar penyakitnya adalah penyakit jantung.

Hari kemarin, saya  setelah membaca chat w.anya   istighfar, karena di chat w.a grup nya kemarin, " kita bisa berkumpul lagi nanti di syurga. Kalimat ini kalimat yang penuh harapan tetapi juga ada keputus asa an. Dijawab chat w.anya oleh semua teman teman, dengan kata kata semangat semangat semangat nanti kita kumpul lagi InsyaaAlloh, yang kuat yah, cepat sembuh, syafakillah yaa mujibassa'iliin.dll.

Akhi saya panggil teman yang sakit itu.Saya teringat padanya mengenai kebijakannya menerima lamaran kerja sebagai honor di sekolah negeri yang baru berdiri itu.Saya menyerahkan amplop coklat ukuran folio yang berisi lamaran itu, lalu akhi menyuruh saya duduk didekatnya akhi membuka amplop itu dan membacanya.Lalu saya sodor kan kartu nama suami yang siap membantu bila ada order percetakan.Akhi berkata lagi, nanti Bu kalau diterima saya akan telepon ibu demikian kata akhi ,tahun 2007 sudah punya hp tapi telpon dengan no flexi hpnya pun merek Flexi , dan sekarang masih ada hpnya, hanya kata suami engga bisa dipkai karena no hpnya sudah tidak ada sudah jadul.

Siang melamar jadi guru, lalu sore ditelpon bahwa saya diterima kerja sebagai honorer di sekolah negeri alhamdulillahirobbil alamin ucap ku padanya, besok harus sudah mulai kerja, katanya, saya jawab lagi tapi bagaimana saya punya anak balita, akhi jawab lagi engga apa apa boleh dibawa ke sekolah sekali kali , o iya terimakasih, Ah lega rasanya..

Saya mengamati akhi begitu bagus kinerja dan dedikasinya, rajin, profesional,ramah, konsisten, tegas ah pokoknya keren.Banyak para pelamar guru honorer pada waktu itu banyak pula yang diterima karena memang sekolah sedang membutuhkan dan pemerintah belum mengirimkan PNS .

Ada sifat akhi yang menurut saya karena baiknya dan dedikasinya yang tinggi sehingga mungkin karena tugas dinas atau apa saya tidak mengerti, ada saja satu kesalahan tidak hadir 1x  rapat, telat mengumpulkan adm apalagi rajin izin , pada semester berikut nya .guru itu tidak dijadwal untuk kerja lagi, otomatis di PHK tampa basa basi.Mungkin itu bukan kebijakan sepihak akhi ( Dalam hati saya istighfar)Dan itu teman saya ada 3:orang.Ketika bertemu dengan 3 orang itu saya mendapat kesan teman saya sakit hati.

Teramati tanpa sengaja, akhi sangat teoritis dengan konsep prinsp prinsip KBM, prinsip prinsip kurikulum, pernah saya mendengar dari tetangga bangku ruang guru, ia  ditegur akhi karena apa, karena sering meninggalkan kelas untuk sholat Dhuha, padahal kata tetangga kelas nya sudah dikasih tugas sudah menerangkan....(saya pikir kenapa dengan akhi, orang yang beribadah kok ditegur, dimana salah nya tetanggaku) 

Saya merencanakan untuk meng-clear-kan teman teman yang telah tersakiti oleh akhi, semoga mau memaafkan mungkin kebijakan, kesalahan, kekhilafan yang tidak berkenan dimaafkan oleh yang bersangkutan.

Next ingin saya mengingat lkan Hari ini February tanggal 23 hari Selasa tahun 2021  tepat tanggal 11 bulan Rajab 1422 hijriah, hari Kamis lusa tanggal 13, 14, 15 adalah hari disunnahkan nya shaum ayyamul bidh yaitu shaum setiap pertengahan bulan hijriah, Bagi yang suka mengamalkan shaum ini , shaum dimana bulan kondisi nya purnama indah,cahaya nya menerangi kegelapan.

Bulan Rajab adalah bulan yang mulia.menurut para  ulama, bulan Rajab adalah bulannya Alloh SWT, bulan syaban bulannya Rosululloh dan Romadhon adalah bulan umatnya Rosululloh SAW sehingga bulan Rajab bulan yang sangat bagus untuk membaca istighfar, bulan syaban bulan yang sangat bagus untuk membaca sholawat dan bulan romadhon bulan yang sangat bagus untuk tadlarus Qur'an.

Bulan Rajab adalah bulan istimwa bagi umat Islam karena bulan Rajab bulan dimana Rosululloh pada tanggal 27 Rajab mengalami Isro mi'raj.Isro adalah perjalanan Nabi Muhammad bersama Jibril  dari mesjidil harom ke Masjidil Aqsa dan Mi'raj adalah perjalanan nabi muhammad bersama Jibril  dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.( Langit ke tujuh) Perjalanan itu adalah perjalanan jasmani Rosululloh Saw seutuhnya, dan peristiwa Isro mi'raj ini adalah ujian keimanan bagi orang orang Islam, yang kuat keimanannya akan semakin bertambah iman nya yang lemah imannya menjadi murtad.

Peristiwa Isro mi'raj ini adalah peristiwa yang sangat berharga bagi umat Islam dimana oleh olehnya adalah ibadah sholat 5 waktu yang penuh keagungan dalam mendirikannya diwajibkan bagi orang Islam dan beriman untuk mendirikan sholat 5 waktu.

Ibadah sholat 5 waktu adalah ibadah mirajnya orang mukmin ke hadirat Alloh SWT maka ibadah sholat sebaiknya dikerjakn bukan hanya asal lunas kewajiban tetapi lebih dari itu untuk menggapai kedekatan dengan Alloh SWT dalam bacaan bacaan sholat nya adalah komunikasi rohani dengan sang Kholiq Alloh SWT .Dan apabila tercapai kita merasa dekat dengan Alloh ketika sholat maka ketenangan ketentraman itu pun menjadi bahagia.Kalau sudah bahagia untuk berbuat baik berbagi kebaikan akan mudah, maka tidak heran kalau ada pepatah kalau ingin memperbaiki keadaan maka perbaiki dulu ibadah sholat nya .


 

L

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengisi doa bersama jelang PSAJ

LOVE 1

Berkah jujur